BAGAIMANA DAMAR MELINDUNGI POHON DAN MENINGKATKAN VALUE POHON



UD. Thessa Indonesia (Damar Batu Suppliers, Exporters, and Manufacturers Based in Surabaya City, Indonesia) - Damar pohon (bersama dengan getah dan cairan lateks lainnya) memainkan fungsi yang sangat penting di pohon dengan segera menutup luka yang digunakan sebagai jalur masuk dengan menyerang serangga dan agen penyakit jamur. Organisme yang mencoba memasuki pohon melalui luka bisa keluar, bisa tersangkut dan terperangkap di segel dan bisa diatasi dengan toksisitas resin. Diperkirakan juga bahwa resin memiliki kualitas antiseptik tinggi yang mencegah pembusukan dan juga menurunkan jumlah air yang hilang dari jaringan tanaman. Bagaimanapun, aliran resin yang konsisten sangat penting untuk kelangsungan kesehatan kebanyakan tumbuhan runjung. Nah, dalam artikel kali ini situs udthessa.com, akan membahas tentang Bagaimana Resin/Damar Melindungi Pohon dan Meningkatkan Nilai Pohon. Penasaran? Scroll terus artikelnya ya!

Jika anda telah secara teratur menangani atau menyentuh kulit kayu atau kerucut pinus, cemara atau larch, anda tahu tentang resin "lengket" yang harum yang mereka keluarkan secara berlebihan. Damar itu terkandung dalam saluran atau lepuh yang menembus kulit kayu dan kayu dan berkurang dalam ukuran dan jumlahnya saat memasuki akar dan jarum. Hemlocks, pohon aras sejati, dan cemara memiliki resin yang terutama terbatas pada kulit kayu.

Trauma luka pada pohon dapat merangsang produksi "kanal resin traumatis" yang membantu menahan cedera dan membantu penyembuhan infeksi yang diakibatkan. Lepuh berisi resin yang terkandung dalam konifer mengeluarkan cairan ringan, yang segera kehilangan minyak karena penguapan dan membentuk keropeng padat yang berat. Menarik untuk dicatat bahwa reaksi terhadap trauma pohon ini digunakan dalam proses pembuatan resin komersial dan minyak esensial tertentu dengan merangsang aliran resin dengan menimbulkan luka yang disengaja atau iritasi kulit kayu (lihat penyadapan di bawah).

Produksi resin sangat umum di alam, tetapi hanya beberapa famili tumbuhan yang dapat dianggap penting secara komersial bagi pengumpul resin. Tanaman penghasil resin penting ini termasuk Anacardiaceae (damar wangi), Burseraceae (pohon dupa), Hammamelidaceae (witch-hazel), Leguminosae, dan Pinaceae (pinus, cemara, cemara, cedar sejati).

Lalu Bagaimana Damar atau Resin Dibentuk, Dikumpulkan, dan Sedikit Sejarah?


Resin terbentuk sebagai produk dari proses oksidasi minyak esensial yang keluar dari pohon - juga disebut minyak atsiri, minyak ethereal, atau aetherolea. Seperti yang telah disebutkan, resin biasanya disimpan di saluran atau lepuh dan sering keluar melalui kulit kayu untuk mengeras saat terkena udara. Resin ini, selain penting untuk kesehatan pohon, dapat bernilai komersial saat dikumpulkan atau "disadap".

Ramuan resin telah digunakan selama ribuan tahun dalam bentuk pelapis tahan air dan pelindung yang dibuat oleh zaman dahulu. Benda-benda yang dipernis telah ditemukan di makam Mesir dan penggunaan pernis dalam praktik seni mereka telah digunakan di Cina dan Jepang selama berabad-abad. Orang Yunani dan Romawi mengenal banyak bahan resin yang sama yang kita gunakan saat ini.

Kemampuan resin pohon untuk mengeras saat minyak esensial menguap yang membuatnya diperlukan untuk produksi pernis komersial. Resin ini mudah larut dalam pelarut seperti alkohol atau minyak bumi, permukaannya dicat dengan larutan dan saat pelarut dan minyak menguap, lapisan resin tipis kedap air tetap ada.


Penyadapan biasanya diperlukan untuk mendapatkan jumlah yang cukup untuk menjadi nilai komersial tetapi juga dapat diekstraksi selama pemrosesan spesies pohon untuk produk lain - resin pinus dan minyak yang dapat dikumpulkan selama proses pembuatan pulp kertas. Resin keras komersial juga sering ditambang dan diekstraksi dari bahan fosil kuno seperti kopal dan amber untuk pernis. Penting untuk dipahami bahwa resin, tidak seperti getah, tidak larut dalam air, tetapi mudah larut dalam eter, alkohol, dan pelarut lain serta digunakan dalam banyak produk.

Produk Berbasis Damar atau Resin Lainnya
Resin transparan keras, seperti kopal, damar batu, damar wangi, dan sandarac, terutama digunakan untuk pernis dan perekat. Oleo-resin harum yang lebih lembut seperti kemenyan, elemi, terpentin, copaiba dan resin gusi yang mengandung minyak esensial (ammoniacum, asafoetida, gamboge, mur, dan scammony) lebih sering digunakan untuk tujuan terapeutik dan dupa.
Sabun resin, Kraft atau pinus (satu nama dagangnya adalah "Pine Sol") dibuat dengan mereaksikan asam resin dalam kayu dengan natrium hidroksida. Sabun kraft adalah produk sampingan dari proses Kraft untuk pembuatan pulp kayu dan digunakan sebagai pembersih berkekuatan super untuk pekerjaan pembersihan yang sangat kotor dan berminyak.

Resin dalam bentuk "damar" diaplikasikan pada busur instrumen senar karena kemampuannya menambah gesekan pada rambut busur untuk meningkatkan kualitas suara. Ini digunakan dalam olahraga yang mirip dengan vide taktik untuk memegang kelelawar dan bola. Penari balet dapat mengoleskan resin yang dihancurkan ke sepatu mereka untuk meningkatkan cengkeraman pada lantai yang licin. (source: thoughtco.com)
Nah itu artikel tentang Bagaimana Damar Melindungi Pohon dan Meningkatkan Value Pohon dari situs udthessa.com, Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua ya!

Baca Juga: Damar atau Resin Pohon dan Manfaatnya

UD. Thessa Indonesia adalah salah satu produsen Hasil Hutan Bukan Kayu yaitu damar batu di Indonesia. Produk utama Utama kami adalah:



  • Damar Batu Bombay Grade (Damar Batu Besar)
  • Damar Batu Kalkutta Grade (Damar Batu Kecil)
  • Damar Batu Powder Grade (Damar Batu Serbuk)

Kantor dan Gudang UD. Thessa Indonesia beralamat di Jl. Kalianak Madya III No.29, Asem Rowo, Kec. Asemrowo, Kota SBY, Jawa Timur 60178, Indonesia. Aktifitas di gudang kami bisa dilihat di video berikut:
Untuk Informasi harga dan stock produk Damar Batu dari UD. Thessa Indonesia? Silahkan menghubungi kami di kontak berikut:

Hotline

  • Phone/Whatsapp: +6282154478997 (Dodik)
  • Email                 :  dodikdodkidod@gmail.com

Official

  • Phone/Faximile: +62317497159 | +62317497158
  • Email                : udthessa.surabaya@gmail.com

Terima Kasih dan Salam

UD. Thessa Indonesia

www.udthessa.com


SHARE THIS: